Resep Bolu Santan Pandan Kukus

Bahan-bahan:



- 150 gram tepung terigu protein sedang


- 100 gram gula pasir


- 3 butir telur ayam


- 100 ml santan kental


- 1 sendok teh sp


- 1/2 sendok teh baking powder


- 1/2 sendok teh pasta pandan


- Garam secukupnya



Cara membuat:



1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan.


2. Kocok telur hingga berbusa lalu masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga tercampur rata.


3. Masukkan santan kental, sp, dan garam aduk rata.


4. Masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan aduk rata.


5. Tambahkan pasta pandan aduk rata.


6. Panaskan kukusan.


7. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan dialas kertas roti.


8. Kukus selama 30-40 menit atau hingga matang. Tes tusuk untuk memastikan matang atau tidaknya.


9. Angkat dan biarkan dingin.


10. Potong dan sajikan.



Informasi Nutrisi:



- Kalori: 273 kalori


- Lemak: 10 gram


- Karbohidrat: 41 gram


- Protein: 6 gram


- Serat: 1 gram


Bolu santan pandan kukus merupakan salah satu kue basah tradisional yang biasa disajikan pada acara-acara spesial di Indonesia. Rasanya yang manis dan lembut membuat kue ini disukai oleh banyak orang. Resep bolu santan pandan kukus ini sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya juga mudah ditemukan di pasaran.


Tepung terigu protein sedang digunakan agar tekstur bolu menjadi lebih lembut dan tidak mudah hancur. Gula pasir digunakan sebagai pemanis dan telur digunakan untuk mengikat adonan. Santan kental memberikan rasa kaya pada bolu dan sp berfungsi sebagai pengembang kue. Baking powder digunakan agar bolu mengembang dan pasta pandan memberikan warna hijau khas pada bolu santan pandan kukus.


Untuk membuat bolu santan pandan kukus ini, pertama-tama kocok telur hingga berbusa dan masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga tercampur rata. Kemudian masukkan santan kental, sp, dan garam aduk rata. Setelah itu masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan aduk rata. Tambahkan pasta pandan aduk rata.


Setelah adonan selesai dibuat, panaskan kukusan. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan dialas kertas roti. Kukus selama 30-40 menit atau hingga matang. Tes tusuk untuk memastikan matang atau tidaknya. Angkat dan biarkan dingin. Potong dan sajikan.


Bolu santan pandan kukus dapat disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Nikmati bolu santan pandan kukus dengan secangkir teh atau kopi pada waktu santai bersama keluarga atau teman.


Dalam satu porsi bolu santan pandan kukus mengandung 273 kalori, 10 gram lemak, 41 gram karbohidrat, 6 gram protein, dan 1 gram serat. Meskipun mengandung gula dan lemak, bolu santan pandan kukus dapat dikonsumsi dengan seimbang dalam menu makanan sehari-hari.


close